Muamalat Center Consulting

Produk & Layanan

Edukasi, Konsultasi, Audit, Advokasi

Pendidikan dan Pelatihan

MCC sebagai lembaga edukasi bisnis syariah dan keluarga Islam melaksanakan pendidikan dan  pelatihan dalam bidang ekonomi dan bisnis syariah dan bidang keluarga Islam. Untuk bidang ekonomi dan bisnis syariah MCC melaksanakan pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat seperti pendidikan dan pelatihan tentang hukum akad mu’amalat maliyah dalam Islam, pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) organisasi bisnis, hukum dan manajemen bisnis syariah, manajemen keuangan syariah, manajemen risiko bisnis, hukum penyelesaian sengketa bisnis syariah, manajemen pengembangan digitalisasi dalam bisnis syariah, dan lain sebagainya.

Untuk bidang keluarga Islam, MCC melakukan pendidikan dan pelatihan pra nikah, manajemen konflik rumah tangga, hukum harta warisan, hukum dan manajemen keuangan rumah tangga dalam Islam, hukum alternatif penyelesaian konflik rumah tangga, dan lain sebagainya.

Konsultasi

MCC menyediakan jasa konsultasi kepada masyarakat seputar bisnis syariah dan rumah tangga Islam. Manfaat konsultasi yaitu dapat mengidentifikasi latar belakang masalah dengan tepat, dapat memberikan solusi-solusi integratif dan komprehensif atas persoalan yang tengah di hadapi, dapat menumbuh kembangkan organisasi secara efektif dan efesien.

Akad Muamalat Islam

Akad adalah kesepakatan para pihak yang berupa pernyataan kehendak untuk melakukan atau tidak melakukan perbuatan tertentu (ijab) dan disetujui oleh pihak lainnya (qabul).

Akad sama dengan perjanjian, atas dasar suatu perjanjian, pihak yang satu berhak menuntut pihak yang lain, dan pihak yang lain berkewajiban untuk memenuhi tuntutan itu. Oleh karena itu, perjanjian termasuk sumber perikatan karena perjanjian melahirkan hubungan hukum. Dari segi hukum, perikatan muncul karena undang-undang atau karena perjanjian, dan kedudukan perjanjian dari segi hukum adalah undang-undang bagi pihak yang membuatnya.

MCC menyediakan jasa pendampingan pembuatan akad/ kontrak/perjanjian/ perikatan terkait dengan muamalat maaliyah. Muamalat maliyah adalah hukum syariat Islam yang mengatur interaksi antar manusia satu dengan lainnya, yang berkenaan dengan harta, seperti jual beli, sewa menyewa, investasi, pinjam-meminjam, dan lain sebagainya. Pengurusan harta dalam Islam diawali dengan akad yang benar. Akad yang benar akan menghadirkan suasana yang nyaman dan harmonis antara para Pihak yang sedang berakad, interaksi Para Pihak pun akan berakhir dengan kebahagiaan.

calculator, calculation, insurance

Audit Syariah

Audit syariah (sharia complience) merupakan pengujian tingkat kepatuhan Entitas Syariah terhadap pelaksanaan prinsip-prinsip syariah (Fatwa DSN) pada seluruh aktivitasnya yang meliputi: kontrak, perjanjian, kebijakan, produk, transaksi, memorandum, laporan keuangan dan sebagainya. Tujuan Audit Syariah yaitu untuk menjamin atau memastikan bahwa aktivitas yang dilakukan oleh lembaga keuangan syariah dan pelaku bisnis syariah tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah.

Alternatif Penyelesaian Sengketa

Alternatif Penyelesaian Sengketa adalah lembaga penyelesaian sengketa atau beda pendapat melalui prosedur yang disepakati para pihak, yakni penyelesaian di luar pengadilan dengan cara konsultasi, negosiasi, mediasi, konsiliasi, atau penilaian ahli.
Sengketa atau beda pendapat perdata dapat diselesaikan oleh para pihak melalui alternatif penyelesaian sengketa yang didasarkan pada itikad baik dengan mengesampingkan penyelesaian secara litigasi di Pengadilan.
MCC menyediakan jasa konsultasi, mediasi dan penilaian ahli dalam upaya menyelesaikan konflik dan sengketa antara Para Pihak, baik konflik dan sengketa dalam ekonomi dan bisnis syariah maupun dalam keluarga (rumah tangga). Diharapkan konflik dan sengketa tersebut berakhir dengan perdamaian.

Advokasi

MCC menyediakan jasa advokasi kepada masyarakat atas konflik yang timbul dari aktivitas bisnis syariah dan hubungan dalam rumah tangga Islam. MCC memiliki para advokat yang bertanggungjawab yang akan mendampingi para klien selama proses advokasi baik di lingkungan pengadilan maupun di luar pengadilan. Diharapkan melalui advokasi yang optimal akan menyelesaikan konflik dan menghadirkan rasa adil.