Muamalat Center Consulting

Sekapur Sirih

Assalamualaikum Wr. Wb


Segala Puji hanya milik Allah Swt. Selawat dan salam bagi Rasulullah Muhammad Saw, para keluarganya, para sahabatnya dan bagi orang-orang yang memperjuangkan risalah dan sunnahnya hingga hari Akhir kelak. Amiin.


Ekonomi dan bisnis syariah mengalami perkembangan pesat dalam dua dasawarsa terakhir, baik secara global maupun nasional. Faktor utama yang mempengaruhi hal ini adalah peningkatan jumlah penduduk Muslim di dunia yang pada tahun 2017 mencapai 1,84 miliar orang. Jumlah ini akan terus meningkat dan mencapai 27,5 persen dari total populasi dunia pada 2030.

Peningkatan populasi ini tentunya akan meningkatkan permintaan terhadap produk dan jasa halal secara signifikan. Indonesia sebagai negara dengan penduduk Muslim mayoritas dan sekaligus sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia harus dapat berperan secara optimal dalam memenuhi permintaan ini.


Tantangan impelementasi ekonomi dan bisnis syariah di Indonesia -di antaranya- adalah masih kurangnya literasi dan pendampingan terhadap implementasi ekonomi dan bisnis syariah. Disamping regulasinya juga masih belum memadai, kesadaran masyarakat terkait ekonomi dan bisnis syariah juga perlu diperbaiki secara terus-menerus. MCC hadir untuk berbagi dan menjawab tantangan implementasi ekonomi dan bisnis syariah dari aspek edukasi, konsultasi, audit, advokasi dan penelitiannya, semoga sedikit banyak dapat berkontribusi dalam penguatan ekonomi dan bisnis syariah di masa mendatang.

Selain itu, MCC juga ingin berbagi dalam penguatan ketahanan keluarga Islam. Hidup secara Sakinah, Mawaddah wa Rahmah adalah cita-cita bagi sebuah keluarga. Disadari memang, angka perceraian rumah tangga muslim di Indonesia setiap tahun cenderung meningkat. Konflik hak asuh anak, harta bersama, dan harta waris juga cenderung meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa konflik dalam urusan rumah tangga muslim terus meningkat. Hadirnya MCC dapat berkontribusi untuk menguatkan ketahanan keluarga, apabila keluarga muslim itu kuat, maka akan melahirkan masyarakat yang kuat, apabila masyarakat kuat maka tentunya akan melahirkan negara yang tangguh.


Diketahui bahwa keluarga merupakan institusi pertama bagi anak-anak.
Terhadap dua sektor di atas (ekonomi/bisnis syariah dan keluarga Islam), MCC memfokuskan kerjanya kepada dua aspek, yaitu hukum dan manajemen. Majelis Pakar MCC akan berupaya memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Semoga program-program MCC dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.
MCC hadir dan bekerja bersama dengan para pemangku kepentingan lainnya yang sevisi dalam penguatan ekonomi/bisnis syariah dan pengokohan ketahanan keluarga muslim. Saling berkolaborasi membangun bangsa!


Demikian, terimakasih atas kebersamaannya, ide dan saran konstruktif sangat kami harapkan untuk perbaikan MCC ke depan.


Wassalamualaikum Wr.Wb
Salam Sahabat,

J. Ardan Mardan, Lc., M.A., M.M., M.H., Ph.D (cand)
Direktur